blogger upn

Kamis, 12 September 2013

ICONIX

Haiiii guysss selamat sore :-) hari ini aku mau share tentang materi ICONIX :-)

ICONIX merupakan salah satu model dari rekayasa perangkat lunak yang dapat digunakan untuk pengembangan sebuah software.

Tahapan dari proses ICONIX terdiri dari empat tahap, yaitu :
1.      Requirements (Kebutuhan)
a)   Functional requirements ada dua kebutuhan fungsional dan non fungsional.     Contoh kebutuhan non fungsional : KRS, lihat nilai, login, tagihan, jadwal, transkrip, kalender akademik.
b)  Domain modeling
Domain modeling merupakan pondasi dari bagian static dari UML. Domain modeling didapatkan dari mengekstrak kata benda yang didapatkan dari Functional requirements. Kata benda yang didapatkan saling dihubungkan sesuai kebutuhan dari perangkat lunak.


2.      Analysis and Preliminary Design
3.      Detailed Design
4.      Implementation
a)   Coding/Unit testing
Pada tahap ini mulai dilakukan proses coding berdasarkan hasil pengembangan model yang telah disusun sebelumnya. Jika proses coding telah dilaksanakan maka dapat dilakukan pengujian.
b)   Integration and scenario testing
Dilakukan pengujian secara integrasi dan sesuai dengan skenario. Pengujian yang dilakukan dapat berupa black box testing maupun white box testing.
c)   Perform code review dan model update 
Melakukan analisa kode program dari hasil pengujian dan melakukan perubahan dari hasil analisa.

Kesimpulan


Iconix proses yaitu suatu metode dimana tidak terlalu banyak membahas pada analisa, design maupun implementasi programnya. Namun lebih melihat kepada kebutuhan pengguna serta menyederhanakan proses tersebut, sehingga proses pengembangan perangkat lunak akan menjadi lebih efisien.

0 komentar:

Posting Komentar